Banyak bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk program mikrokontroler, misalnya bahasa assembly. namun dalam pemrograman arduino bahasa yang dipakai adalah bahasa C. Bahasa C adalah bahasa yang sangat lazim dipakai sejak awal komputer diciptakan dan sangat berperan dalam perkambangan software. 

Bahasa C telah membuat bermacam-macam sistem operasi dan compiler untuk bahasa pemrograman, misalnya sistem operasi unix, linux, dsb. Bahasa C adalah bahasa pemrograman yang sangat ampuh yang kekuatannya mendekati bahasa assembler. Bahasa C menghasilkan file kode objek yang sangat kecil dan dieksekusi dengan sangat cepat. karena itu, Bahasa C sering digunakan pada sistem operasi dan pemrograman mikrokontroller.

Bahasa C adalah multiflatform karena bahasa C bisa diterapkan pada lingkungan windows, unix, linux, atau sistem operasi lain tanpa mengalami perubahan source kode. (kalaupun ada perubahan, biasanya sangat minim). karena arduino menggunakan bahasa C yang multi flatform, software arduino pun bisa dijalankan pada semua sistem operasi yang umum, misalnya Windows, Linux, dan MacOs.

berikut ini adalah penjelasan yang ditujukan kepada anda yang hanya mempunyai sedikit pengalaman pemrograman dan membutuhkan penjelasan singkat mengenai karakter bahasa C dan software arduino. penjelasan yang lebih detail, lengkap, dan mendalam, lihat situs resmi arduino.

Baca juga : Pengertian Microsoft Visio Free Download Software

STRUKTUR

setiap program arduino (biasa disebut sketch) mempunyai dua buah fungsi yang harus ada.

void setup() { }

semua kode didalam kurung kurawal akan dijalankan hanya satu kali ketika program arduino dijalankan untuk pertama kalinya.

void loop() { }

fungsi ini akan dijalankan setelah setup (fungsi void setup) selesai. setelah dijalankan satu kali fungsi ini akan dijalankan lagi, dan lagi secara terus-menerus sampai catu daya (power) dilepaskan.

SYNTAX

berikut ini adalah elemen bahasa C yang dibutuhkan untuk format penulisan.

//(membuat komentar satu baris)

kadang diperlukan untuk memberi catatan pada apa arti dari kode-kode yang dituliskan. Cukup menuliskan dua buah garis miring dan apa pun yang kita ketikkan dibelakangnya akan diabaikan oleh program.

contoh :

//proyek Blink LED, uji coba pertama 

/* */(membuat komentar lebih banyak baris)

jika anda punya banyak catatan, hal itu dapat dituliskan pada beberapa baris sebagai komentar. Semua hal yang terletak diantara dua simbol tersebut akan diabaikan oleh program.

contoh :

/*kode program proyek sensor cahaya, LED padam pada kondisi lingkungan terang, dan nyala jika kondisi lingkungan gelap*/

{ }(kurung kurawal)

digunakan untuk mendefinisikan kapan blok program mulai dan berakhir (digunakan juga pada fungsi dan pengulangan).

contoh :

void loop() {

serial.printIn(val)

}

; (titik koma)

setiap baris kode harus diakhiri dengna tanda titik kma (jika ada titik koma yang hilang maka program tidak akan dijalankan).

contoh :

titik koma : delay (1000);

Variabel

sebuah program secara garis besar dapat didefinisikan sebagai instruksi untuk memindahkan angka dengan cara yang cerdas. Variabel inilah yang digunakan untuk memindahkannya.

int (integer)

digunakan untuk menyimpan angka dalam 2 byte (16 bit). tidak mempunyai angka desimal dan menyimpan nilai dari -32.768 dan 32.767.

long (long)

digunakan ketika integer tidak mencukupi lagi. Memakai 4 byte (32 bit) dari memori (RAM) dan mempunyai rentang dari 2.147.483.648 dan 2.147.483.647.

boolean (boolean)

variabel sederhana yang digunakan untuk menyimpan nilai TRUE (benar) atau FALSE (salah). Sangat berguna karena hanya menggunakan 1 bit dari RAM.

float (float)

digunakan untuk angka desimal (floating point). Memakai 4 byte (32 bit) dari RAM dan mempunyai rentang dari -3,4028235E+38 dan 3,4028235E+38.

char (character)

menyimpan 1 karakter menggunakan kode ASCII (misalnya 'A' = 65). hanya memakai 1 byte (8 bit) dari RAM.

Byte

angka antara 0 dan 225. Sama halnya dengan char, namun byte hanya menggunakan 1 byte memori.

Unsignt int

sama dengan int, menggunakan 2 byte tetapi unsign int ini tidak dapat digunakan untuk meyimpan angka negatif, batasnya dari 0 damapi 65,35.

Double

angka ganda dengan presisi maksimum 1,7976931348623157x10308.

String

digunakan untuk menyimpan informasi teks, dengan karakter ASCII, bisa menggunakan string untuk mengirim pesan via serial port, atau menampilkan teks pada layar LCD.

Array

adalah kumpulan varaibel dengan tipe yang sama. setiap variabel dalam kumpulan variabel tersebut terdapat elemen, dapat diakses melalui indeks. Misalnya kita ingin menginisialisasi pin 3, pin 5, pin 6, pin 7, maka dengan menggunakan array menjadi int pins[] = {3, 5, 6, 7};

Baca juga : Apa Itu Dev C++, Tipe data, dan Free Download Software

OPERATOR MATEMATIKA

digunakan untuk memanipulasi angka (bekerja seperti matematika yang sederhana).

=

membuat sesuatu menjadi sama dengan nilai yang lain (misalnya : x = 10*2, x sekarang sama dengan 20).

%

menghasilkan sisa dari hasil pembagian suatu angka dengan angka yang lain (misalnya : 12 % 10, ini akan menghasilkan angka 2).

+

penjumlahan

-

pengurangan

/

pembagian

OPERATOR PEMBANDING

digunakan untuk membandingkan nilai logika

==

sama dengan (misalnya : 12 == 10 adalah FALSE (salah) atau 12 == 12 adalah TRUE (benar)).

!=

tidak sama dengan (mislanya : 12 != 10 adalah TRUE (benar) atau 12 != 12 adalah FALSE (salah))

<

lebih kecil dari (misalnya : 12 < 10 adalah FALSE (salah) atau 12 < 12 adalah FALSE (salah) atau 12 < 14 adalah TRUE (benar)).

>

lebih besar dari (misalnya : 12 > 10 adalah TRUE (benar) atau 12 > 12 adalah FALSE (salah) atau 12 > 14 adalah FALSE (salah)).

STRUKTUR PENGATURAN

program sangat tergantung pada pengaturan apa yang akan dijalanakan berikutnya, berikut ini adalah elemen dasar pengaturan (banyak lagi yang lain dan bisa dicari di internet).

if....else, dengan format seperti berikut ini :

if (kondisi) {}

else if (kondisi) {}

else {}

dengan struktur seperti diatas program akan menjalankan kode yang ada didalam kurung kurawal jika kondisinya TRUE, dan jika tidak (FALSE) maka akan diperiksa apakah kondisi pada else if dan jika kondisinya FALSE maka kode pada else yang akan dijalankan. 

for, dengan format seperti berikut ini :

for (int i = 0;i <#pengulangan;i++) {}

digunakan bila anda ingin melakukan pengulangan kode didalam kurung kurawal beberapa kali, ganti #pengulangan dengan jumlah pengulangan yang di inginkan. melakukan perhitungan ke atas dengan i++ atau ke bawah dengan i-.

DIGITAL

pinMode(pin, mode)

digunakan untuk menetapkan mode dari suatu pin, pin adalah nomor pin yang akan digunakan dari 0-19 (pin analog 0-5 adalah 14-19). mode yang bisa digunakan adalah INPUT atau OUTPUT.

digitalWrite(pin, value)

ketika sebuah pin ditetapkan sebagai OUTPUT, pin tersebut dapat dijadikan HIGH (ditarik menjadi 5V) atau LOW (diturunkan menjadi ground).

digitalRead(pin)

ketika sebuah pin ditetapkan sebagai INPUT, anda dapat menggunakan kode ini untuk mendapatkan nilai pin tersebut apakah HIGH (ditarik menjadi 5V) atau LOW (diturunkan menjadi ground).

ANALOG

arduino adalah mesin digital, tetapi mempunyai kemampuan untuk beroperasi didalam alam analog (menggunakan trik). berikut ini cara untuk menghadapi hal yang bukan digital.

analogWrite(pin, value)

beberapa pin pada arduino mendukung PWM (pulse widht modulation), yaitu pin 3,5,6,9,10,11. ini dapat mengubah pin hidup (on) atau mati (off) dengan sangat cepat sehingga membuatnya dapat berfungsi layaknya keluaran analog. value (nilai) pada format kode tersebut adalah angka antara 0 (0% duty cycle - 0V) dan 255 (100% duty cycle - 5V).

analogRead(pin)

ketika pin analog ditetapkan sebagai INPUT, anda dapat membaca keluaran voltasenya. keluarannya berupa angka antara 0 (untuk 0 volt) dan 1023 (untuk 5V).

Baca juga : Pengertian dan Cara Menggunakan Handbrake Software

Dan untuk software nya bisa di download di link dibawah ini :

Download Software Bisa KLIK DISINI

Semoga artikel ini bermanfaat...

Terima Kasih

About mistercircuit

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar